Categories: Politik

Jaga Marwah DPRD, Badan Kehormatan Evaluasi Penilaian Kinerja Anggota DPRD

Semarang – Kilas persada.com, Salah satu alat kelengkapan DPRD yang menunjang kinerja dan untuk menjaga marwah DPRD dan anggota dewan di dalamnya adalah Badan Kehormatan (BK) bertugas mengamati, mengevaluasi disiplin dan kepatuhan anggota DPRD terhadap sumpah dan janji serta kode etik. Dengan berbekal aturan seperti tata tertib, kode etik, dan tata beracara BK, ada peningkatan disiplin anggota DPRD Provinsi Jateng, walaupun belum mutlak 100 persen, terutama dalam hal kehadiran.

“Utamanya dalam hal kehadiran. Sampai hari ini, jumlah kehadiran anggota dewan mencapai 100 lebih. Ya walaupun belum 100%. Karena jumlah anggota DPRD sekarang ada 120, yang sebelumnya hanya 100 orang,” papar Bambang Hariyanto, Ketua Badan Kehormatan DPRD Provinsi Jawa Tengah, saat menjadi narasumber dalam Primetopic Dialog Bersama Parlemen Jawa Tengah dengan tema “Menjaga Marwah DPRD” di Lobby Hotel Get Semarang

Oleh sebab itu, lanjut Bambang, sebagai motivasi dan pemberian penghargaan bagi anggota dewan, maka BK memiliki program yang disebut BK Award kepada anggota dewan dalam berbagai kriteria. Dan itu juga melibatkan pihak luar, dalam hal ini dari akademisi.

Menurut Bambang, tidak hanya dalam masalah kehadiran penilaian yang diberikan, namun juga terkait kapasitas personal dan pengabdian kepada masyarakat. “Jadi ini sebagai langkah maju dalam rangka memotivasi dan penghargaan kepada anggota dewan. Diharapkan, kedepan berlomba-lomba untuk berprestasinya secara positif,” papar Bambang.

Sementara tugas DPRD sebagai perwakilan rakyat adalah mengemban tugas dan fungsi berupa legislasi, anggaran dan pengawasan terhadap eksekutif. Ketiganya harus senantiasa berjalan efektif dan efisien.

Selain diawasi dan diamati serta dievaluasi dalam hal disiplin dan kepatuhan anggota DPRD terhadap sumpah dan janji serta kode etik oleh BK, menjalin komunikasi dengan Media dalam hal pemberitaan kinerjanya, juga menjadi tolak ukur pertanggung jawaban anggota DPRD kepada publik.

“Sering Diekspose oleh berbagai media, baik cetak, elektronik maupun online, merupakan sarana paling handal anggota DPRD untuk mempertanggung jawabkan kinerjanya kepada publik yang telah mempercayakan suaranya. Jadi jika politisi jauh dari media, dia salah dalam mempertanggungjawabkan kinerjanya kepada publik,” tandas Yulianto, Pengamat Politik Undip Semarang, yang juga sebagai narasumber di Lobby Hotel Get Semarang, (02/12/2019).

Yang menarik itu kekuatan di media. Itu yang paling penting, sebab menurut Yulianto, dari 100 anggota dewan tidak lebih 25 orang yang selalu diekspose oleh media. Dan yang sering ekspose ke media akan dipertimbangkan kembali oleh publik akan dipertahankan di DPRD untuk periode berikutnya.

Dijelaskan pula detail oleh Yulianto, yang juga sebagai Tim Juri BK Award, yang dimaksud penilaian kehadiran di sini, tidak hanya absensi hadir di dalam gedung berlian, namun selalu aktif dalam sidang-sidang. Baik sidang komisi, paripurna maupun sidang pleno. Tujuannya adalah, untuk menunjukkan keseriusan mengemban amanah menyampaikan aspirasi rakyat yang diwakilinya melalui sidang-sidang.

Selain itu, lanjut Yulianto, penilaian juga dilakukan melalui kapasitas personal dalam menyampaikan pendapatnya saat persidangan. Seberapa besar frekuensi berkontribusi menyampaikan pendapat dengan permasalahan yang dihadapi dalam persidangan.

Dan penilaian lain adalah tentang pengabdian sosial kepada masyarakat, di luar agenda dewan. Yaitu seberapa sering pertemuan warga ataupun komunitas. Baik dalam skala kecil maupun besar. Seminar-seminar tertentu, baik sebagai pembicara maupun sebagai key note spike.

“Ya disaat hadir pada pertemuan warga ataupun komunitas. Itukan bagaimana posisi anggota dewan dibutuhkan masyarakat untuk memberikan saran dan pendapat serta menerima aspirasi dari masyarakat untuk diusulkan dalam rapat persidangan,” jelas Yulianto.

(Purbledeks/Red)

Kilas Persada

Share
Published by
Kilas Persada

Recent Posts

Paguyuban PMI Wilayah I Jateng Gelar Rakor di Pendopo Kabupaten Pati

Pati - Kilaspersada.com, Kabupaten Pati hari ini menjadi tuan rumah Rakor Paguyuban Palang Merah Indonesia…

7 jam ago

Dalam Rangka HPSN, Bupati Ikuti Kegiatan Gerakan Pungut Sampah dan Tanam Mangrove di Pantai Kertomulyo

Pati - Kilaspersada.com, Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2020, Bupati Pati Haryanto…

7 jam ago

Hadiri Pungut Sampah dan Tanam Mangrove, Bupati Tegaskan Akan Stop Impor Garam

Pati - Kilaspersada.com, Akibat anjloknya harga garam, para petani garam di Kabupaten Pati masih menimbun…

9 jam ago

Kadin Pati Pastikan Alokasi Dana Pembinaan Dari Pemerintah Tepat Sasaran

Pati – Kilaspersada.com, Kadin Pati yang di ketuai Sutikno, SH., beserta wakil pengurus terpilih periode 2020-2025…

2 hari ago

Kabupaten Pati Dapatkan Alokasi Bankeu Pemdes Terbanyak Se-Jateng

Pati - Kilaspersada.com, Dibanding kabupaten lain di Jawa Tengah, Kabupaten Pati mendapat alokasi Bankeu Pemdes…

3 hari ago

Kabupaten Pati Dapatkan Penghargaan Kategori Memuaskan Bidang Kearsipan

Pati - Kilaspersada.com, Kabupaten Pati hari ini mendapat penghargaan kategori "memuaskan" di bidang kearsipan. Penghargaan…

3 hari ago