KPU Gelar Senam Sehat Dan Jalan Santai

Sosialisasikan Persiapan Pilkada, KPU Gelar Senam sehat  dan Jalan Santai

Secara tehnik, keberhasilan pelaksanaan Pilkada Pati, merupakan tanggung jawab sepenuhnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati. Berbagai langkah sudah dilakukan demi suksesnya pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah dan wakilnya. Termasuk yang dilakukan beberapa waktu lalu, dimana KPU telah menyelenggarakan senam sehat sehat dan jalan santai di halaman sekitar stadion Joyokusumo.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah yang dilakukan KPU sebagai bentuk sosialisasi atas persiapan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati Pati periode 2017-2022. Dalam kegiatan yang dihadiri jajaran Forkompinda itu, juga melibatkan partai politik yang akan mengusung pasangan calon dalam Pilkada yang bakal digelar 15 Pebruari 2017 mendatang.

Kegiatan jiga dihadiri semua unsur KPU, yang meliputi PPK, PPS, serta Panwas Kabupaten dan Panwas Kecamatan, perwakilan siswa, awak media, dan tamu undangan lainnya. Peserta jalan santai dilepas Bupati Pati, H. Haryanto, SH, MM, M.Si didampingi Dandim 0718/Pati Letkol. Inf. Andri Amijaya Kusuma, Kapolres AKBP. Ari Wibowo,  dan perwakilan pejabat Forkompimda  lainnya.

Bupati Pati Haryanto dalam sambutannya mengatakan, pihak Pemkab telah maksimal dalam menfasilitasi KPU Kabupaten Pati dalam rangka melaksanakan tahapan-tahapan yang harus dilalui. Termasuk masalah anggaran, meskipun Kabupaten Pati dalam masa empat bulan anggaran DAU dibekukan hingga 174 milyar, namun karena Pilkada merupakan kebutuhan yang mendesak, maka untuk kepentingan Pilkada telah ditetapkan anggarannya sesuai kebutuhan.

Bupati Haryanto menegaskan, bahwa masyarakat yang memiliki hak pilih harus diberikan penjelasan lebih karena Pilkada mendatang berbeda dengan sebelumnya. Unsur KPU semua harus aktif. ”Jangan sampai masyarakat yang mempunyai hak pilih atau pemula, terhambat dalam menggunakan hak pilihnya. Karena tahun ini pemilih harus mempunyai e-KTP. Bagi yang belum punya e-KTP harus menggunakan keterangan dari Pencatatan Kependudukan,” terang Haryanto.

Lebih lanjut, Haryanto berpesan, KPU beserta unsurnya harus dapat berlaku professional dan proporsional, agar pelaksanaan Pilkada Kabupaten Pati dapat berjalan dengan aman, tanpa ada hambatan dan ekses apapun. Sehingga harapan masyarakat Kabupaten Pati dalam memilih kepala daerah dapat terlaksana dengan baik sesuai harapan.

Sementara itu, Ketua KUP kabupaten Pati, Muchammad Nasich menjelaskan, kegiatan senam sehat dan jalan santai yang digelar itu, sebagai langkah untuk memberitahu kepada masyarakat umum di kabupaten Pati, terhadap persiapan pelaksanaan Pilkada serentak, 15 Februari 2017. “Kami berharap, partisipasi masyarakat Kabupaten Pati dapat lebih banyak dalam mensukseskan pelaksanaan pemungutan suara pada 15 Februari 2017 mendatang,” ujarnya.

Usai mengikuti jalan santai yang start dan finish di halaman depan Kantor KPU, para peserta diberikan kesempatan untuk mengikuti undian yang puluhan hadiahnya telah disiapkan KPU. Hadiah utama berupa sepeda gunung dan lemari es, serta puluhan hadiah hiburan lainnya, diundi dengan diselingi hiburan musik dangdut. Acara berlangsung meriah, dan tertib hingga berakhir sekitar pukul 10.30 WIB. (Kilaspersada.com)