Tanaman Porang Makin Diminati Petani Pati

Pati - Kilaspersada.com, Sebagian besar petani pati adalah petani tanaman singkong dan tebu, setelah sekian lama petani di pati di buat bingung dengan harga yang tidak stabil. Dengan ketidak stabilan harga tersebut, banyak petani yang merugi.

Kurang lebih dua tahun belakangan ini, petani di Pati mengenal tanaman porang. Porang yang sebelumnya di anggap sebagai tanaman liar, kini di pati sudah mulai di budidayakan, karena di beberapa negara seperti di jepang dan china, porang menjadi salah satu makanan pokok.

Harga porang sendiri di indonesia bisa di bilang masih relatif mahal, kisaran 8.000 sampai 10.000an . Dengan adanya tanaman porang ini, setidaknya petani di indonesia bisa bernafas lega,karena tanaman porang bisa di bilang paling cocok hidup di wilayah tropis seperti negara indonesia.

Salah seorang petani asal pati Bapak Sukono meyakini bahwasanya tanaman porang akan menjadi tanaman primadona bagi para petani saat ini. Pasalnya tanaman porang ini adalah tanaman yang sangat mudah ditanam dan gampang perawatanya, dan yang paling penting adalah harga tidak gampang turun seperti tanaman lain " ungkap Sukono kepada media, (27/04/2020). Sukono juga meyakinkan kepada para petani yang masih ragu akan kelangsungan porang itu sendiri. Sukono meyakini harga porang akan terus stabil, mengingat porang adalah komuditas export.

(Abu/Red)