Sekber IPJT Gelar Workshop Jurnalistik di Hotel Winner Premier Pemalang

Pemalang – Kilaspersada.com, Sekretariat Bersama Insan Pers Jawa Tengah (Sekber IPJT) menggelar Workshop jurnalistik bertempat di Hotel Winner jalan Jendral Ahmad Yani no 9, Mulyoharjo Pemalang, ,minggu (16/8/2020).

Kegiatan diikuti 70 wartawan/jurnalis dari berbagai kab/kota di jateng yang tergabung dalam wadah Sekber IPJT.

Ketua Sekber IPJT Dr.Endar Susilo,SH.MH dalam sambutannya sekaligus membuka acara workshop tersebut menyampaikan
“Kami selaku Ketua IPJT memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara, atas terselenggaranya acara ini, dan semoga acara workshop ini bisa bermanfaat bagi teman teman IPJT, untuk menambah ilmu, kemampuan dan wawasan sebagai jurnalis” jelas Endar

Menurutnya diantara beberapa kegiatan yang paling menghasilkan sesuatu adalah workshop karena workshop tempat berkumpulnya para pelaku aktivitas dimana dalam tempat ini para pelaku melakukan interaksi yang bertujuan memecahkan suatu masalah dan menghasilkan sesuatu.

” Dengan adanya teman teman wartawan dikegiatan ini akan menemukan sesuatu diera digital. Sebagai seorang jurnalis saya berharap dengan kegiatan ini akan mendapat ilmu yang bermanfaat guna meningkatkan kualitas jurnalistiknya,” pungkas Endar.

Sementara itu Ketua PPWI Wilson Lalengke,S.Pd.M.Sc. MA menjelaskankan bahwa tujuan dari komunikasi media masa yaitu menyediakan informasi yang cukup kepada pembaca( publik) agar membentuk paradigma diri sendiri.

“Produk jurnalistik harus benar, baik dan bermanfaat bagi publik sehingga harus ada pola yang bagus dalam membuat berita. Pola tersebut dimulai dari mendapatkan sumber berita yang akurat yang bisa dijadikan bahan berita yang berimbang, kemudian menjadi naskah berita, lalu bahan tersebut dibuat copy berita sebelum kemudian menjadi berita yang dapat dikomsumsi oleh masyarakat”, jelas Wilson

” Sebagai seorang jurnalis bisa mengumpulkan informasi hanya 10 persen informasi sehingga yang diinformasikan sedikit sekali oleh karenanya tujuan informasi tidak tercapai,” jelasnya saat menjadi nara sumber Workshop Jurnalistik dengan tagline “Meningkatkan Profesionalitas Jurnalis Yang Handal Dan Profesional Diera Digital” yang digelar di Hall Hotel Winner Premier.

Sementara itu Ketua PWI Kota Pekalongan, Trias Purwadi S.Sos menyampaikan bahwa berdasarkan global Digital Report 2020 pengguna internet 175,4 juta dari 272,1 penduduk sekitar 64 persen dimana pertarungan antara media sosial dan media massa sangat ketat, perlunya ketepatan data dalam berita agar lebih akurat dan usahakan menghindari komplain dari masyarakat,” jelasnya.

“Kita harus berusaha bagaimana dapat menulis atau membuat tulisan yang berimbang, mempunyai nilai berita yang baik dan layak kepada masyarakat, Serta harus dapat mengedepankan kode etik jurnalistik bagi wartawan,” Tutup Trias

Acara dimulai pukul 09.00 WIB, berlangsung dengan serius namun santai serta diwarnai dengan tanya jawab antara peserta dan pemateri, dan praktek cara membuat berita sederhana sesuai kaidah 5W + 1H dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Pemateri pada acara workshop Wilson Lalengke,S.Pd.M.Sc.MA selaku Ketua PPWI, Ketua PWI Pekalongan,Trias Purwadi,S.Sos serta Ketum Sekber IPJT Dr.H. Endar Susilo,SH.MH.

Acara ini ditutup dengan pemberian penghargaan oleh Ketum IPJT kepada pemateri dan juga penyerahan sertifikat peserta Workshop secara simbolis kepada para peserta.

(Bledek's/Top-x)