Kunjungi BUMDESMA, Ketua Papdesi Berikan Langkah Inovatif

Pati – Kilasprsada.com, Ketua Umum┬áPerkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi), Hj. Wargiyati bersama rombongan berkesempatan sambangi Kantor Bumdesma yang berlokasi di Jl. Penjawi No 19 A Pati Jawa tengah. Selasa, (01/09).

Dalam kesempatan kunjungan di BUMDESMA ,Hj wargiyati berkesempatan cek lokasi kantor, aktifitas cafe Bumdes.co dan menerima paparan terkait usaha Bumdesma yang bergerak di bidang Kesehatan yaitu Klinik Bumdes.

Klinik Pratama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sehat yang berada di Desa Tlogorejo kecamatan Tlogowungu, Bumdes sehat yang ada di Pati satu-satunya yang ada di Indonesia.

Bumdesma sendiri mempunyai tujuan Satu pikiran untuk mengelola potensi masyarakat dan visi kesehatan. Di BUMDESMA ada 159 desa yang menjadi pemegang saham. Maka orientasinya satu sisi adalah profit.

Oleh karena itu, jika di Indonesia baru pertama dan muncul BUMDes sehat, yaitu ada di Pati. Maka perlu disampaikan kepada publik kalau klinik pratama BUMDes sehat ini harus dikembangkan.

Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa se-Indonesia (Papdesi) mendorong desa berani mengalokasikan dana desa untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sejauh ini, banyak desa yang setengah-setengah mengalokasikan dana desa.

Sedangkan Hj. Wargiyati berharap, Papdesi dapat membawa aspirasi warga desa agar diteruskan ke pemerintah daerah maupun pusat. Papdesi mendukung dan bersinergi dengan Pemda setempat untuk mewujudkan kesejahteraan warga desa.

Sebagai abdi masyarakat, yaitu memberikan pelayanan masyarakat optimal. Ditekankan bahwa Papdesi merupakan organisasi profesi yang tidak berorientasi pada politik kelompok manapun.

Kepala Desa Ngrapah Kabupaten Semarang ini mengatkan PAPDESI selalu melakukan bimbingan teknis agar para kades yang ada di Pati mengerti mekanisme pembentukan dan pelaksanaan BUMDes.

(Hr/As)