Harga Panen Menjanjikan, BBPBAP Jepara Ajak Petani Tambak Untuk Budidaya Kakap Putih

Demak – Kilaspersada.com, Panen pertama Kakap putih dilakukan pembudidaya di Desa Sidorejo Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Benih Kakap Putih ini diperoleh dari Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara dan pendampingan dan pengawalan tim teknis Balai dengan hasil panen yang diprediksi mencapai tiga ton ikan.

“Bantuan benih ikan kakap sebanyak 20.000 ekor yang diterima dari BBPBAP Jepara dipelihara di kolam pendederan hingga usia dua bulan dengan berat hingga 200-an gram, baru dipindahkan ke kolam seluas lima hektare untuk pembesaran,” ujar Ketua Kelompok Windu Jaya Satu Ahmad Hidayat.

Dalam jangka waktu lima bulan bisa dipanen secara parsial dengan berat ikan setiap ekornya mencapai satu kilogram serta panen diperkirakan berkisar 3 ton lebih, sehingga masih menguntungkan, karena biaya operasional dari pembelian pakan pabrik, ikan rucah hingga biaya pemeliharaan selama lima bulan berkisar Rp50 jutaan.

“Sedangkan hasilnya dengan harga jual Rp 55.000 per kg bisa mencapai ratusan juta,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo yang juga hadir di Desa Sidorejo untuk melihat hasil panen ikan kakap putih mengaku senang dengan hasil yang dicapai pembudidaya yang tergabung dalam pokdakan Windu Jaya Satu, serta kakap putih merupakan komoditas yang baru dikembangkan dengan tujuan bisa mengangkat perekonomian pembudidaya, dengan harapan, keberhasilan budidaya kakap putih itu ditularkan serta sharing teknologi budidaya kepada pembudidaya lainnya sehingga bisa ikut menikmati hasil budidaya ikan kakap putih.

BBPBAP Jepara akan memperbanyak Benih kakap putih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat petambak. Benih kakap putih yang tersedia saat ini berkisar 50.000-an ekor dan masih bisa diperbanyak lagi.

BBPBAP Jepara dalam memberikan bantuan benih memprioritaskan petambak yang memang memiliki keseriusan dalam budidaya ikan tersebut dan bertanggung jawab. Pembudidaya yang mendapatkan bantuan bibit ikan mengikuti standar operasional prosedur dalam pemeliharaannya dengan prinsip cara Budidaya ikan yang baik.

(dok BBPBAP jepara/As).