Jelang Purna Tugas, Suharyono Serah Terimakan Jabatan Ketua Korpri Pati

Pati – Kilaspersada.com, Rapat koordinasi Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Kabupaten Pati, berlangsung hari ini (29/9) di Pendopo Kabupaten Pati.

Bupati Pati Haryanto, Wakil Bupati Saiful Arifin, Sekretaris Daerah sekaligus Ketua Korpri Kabupaten Pati Suharyono dan Kepala OPD serta camat se Kabupaten Pati hadir pada rakor terbatas ini.

Rakor ini menjadi momentum Sekda Pati Suharyono yang juga merupakan Ketua Korpri Kabupaten Pati memberikan kesan dan pesan menjelang purna tugas. September ini akan menjadi bulan terakhir sebagai ASN, setelah mengabdi selama 32 tahun.

Suharyono mengungkapkan, sangat bersyukur atas kesehatan yang diberikan Allah, hingga ia selesai menunaikan tanggung jawab sebagai abdi negara.
“Dengan berakhirnya masa jabatan saya sebagai Sekda, maka jabatan lain termasuk selaku Ketua Korpri juga harus diserah terimakan,” ujarnya.

Menurut Sekda, Korpri Kabupaten Pati telah banyak berkiprah untuk daerah. Banyak kegiatan yang telah dilakukan termasuk mengadakan Ketoprak Praja Budaya hingga menghadirkan Gubernur Jateng dan sederet kegiatan sosial yang Korpri lakukan.
“Bahkan saat awal pandemi Covid 19, Korpri bisa mengumpulkan 1 miliar lebih untuk keperluan penanganan pandemi. Namun saya juga menyadari tidak ada yang sempurna. Ada beberapa hal yang perlu dibenahi di organisasi Korpri,” ungkap Suharyono.

Pada rakor ini, juga diserahkan laporan pertanggungjawaban sebagai wujud akuntabilitas dan transparansi kegiatan Korpri. Sesuai dengan AD-ART, dengan berakhirnya masa tugas pimpinan. Maka wewenang Ketua Korpri diserahkan pada Wakil Ketua.
Sesuai dengan susunan pengurus, maka Korpri ini kami serahkan kepada Wakil Ketua yaitu Saudara Jumani. Sedangkan nanti kalau Sekda definitif sudah terpilih dan dilantik, dapat melakukan rapat pengurus untuk menentukan ketua,” jelasnya dihadapan para peserta rakor.

Sementara, Bupati Pati Haryanto saat menyampaikan sambutannya mengatakan serah terima laporan pertanggungjawaban merupakan regulasi yang harus ditaati.

Bupati juga memberikan apresiasi atas kiprah Suharyono selama memimpin Korpri Kabupaten Pati. Menurutnya Korpri mengalami banyak kemajuan selama diemban oleh Sekda.

“Banyak kegiatan baksos yang dilaksanakan oleh Korpri. Baik untuk kepentingan anggota korpri sendiri maupun untuk masyarakat. Contohnya saat Korpri ikut andil dalam menyalurkan bantuan pada gempa NTT dan penanganan pandemi Covid-19 ini. Juga masih banyak kegiatan sosial lainnya,” ujar Bupati.

Pada rakor ini, Bupati menegaskan keberadaan Korpri bukan untuk berpolitik. Karena korpri adalah organisasi independen.

“Organisasi ini bukan untuk profit oriented. Ketua korpri yang baru saya harapkan lebih baik dalam mengelola Korpri sebelum musyawarah daerah korpri. Jadi kegiatan sosial yang selama ini Korpri lakukan itu harus ditingkatkan. Semakin memberi manfaat bagi masyarakat,” tegas Bupati.

Kepada Sekda Suharyono, Bupati menyampaikan rasa terima kasih atas pengabdian selama 32 tahun hingga purna tugas.
“Mudah- mudahan ilmu dan pengalaman bisa diabdikan dan di aplikasikan di tempat lain sehingga bisa bermanfaat,” harapnya.

Haryanto pun berkeinginan agar Ketua Korpri ke depan bisa merengkuh dan membawa Korpri menjadi organisasi yang lebih baik.
“Karena organisasi Korpri ini harus punya pemimpin yang berani melangkah,” tandasnya. ( Hms/As)