Desa Bageng Resmi Jadi Desa Wisata

Pati – Kilaspersada.com, Bupati Pati Haryanto, Sabtu (21/11) meresmikan Desa Bageng Kecamatan Gembong sebagai Desa Wisata. Bupati menyebut, Desa Bageng merupakan desa ketiga di Kabupaten Pati yang diresmikan sebagai desa wisata.

Adapun desa lainnya yang telah diresmikan Bupati sebagai desa wisata ialah Desa Talun Kecamatan Kayen dan yang kedua adalah Desa Tunggulsari Kecamatan Margoyoso.

Menurut Bupati, hal ini sebagai salah satu bukti bahwa pemerintah desa memiliki hak untuk mengelola rumah tangganya sendiri.

Bupati juga mengatakan, meskipun desa wisata Bageng memiliki wisata alam, namun yang menjadi ikon ataupun unggulan ialah jeruk pamelo. Sebab, menurutnya, jeruk pamelo memang jeruk khas Kabupaten Pati yang sebagian besar dibudidayakan di Desa Bageng.

“Masih ada beberapa desa yang tengah dipersiapkan menjadi desa wisata. Namun, salah satu desa yang telah siap dan dalam waktu dekat diresmikan ialah Desa Jrahi yang dikenal juga sebagai Desa Pancasila”, jelas Bupati.

Bupati menegaskan bahwa pemerintah desa telah mendapat kewenangan sendiri mengurusi desa agar dapat membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Serta, agar desa mampu menarik ketertarikan warga dari luar daerah dengan kearifan lokal yang dimiliki.

“Dengan banyaknya para broker pedagang – pedagang dari daerah lain, malah justru jeruk pamelo dikenalnya dari daerah lain, bukan dari Desa Bageng. Untungnya kita ini sudah punya sertifikasi jeruk pamelo ini. Begitu juga dengan kelapa kopyor dan jambu lumut”, imbuhnya.

Guna mengembangkan jeruk pamelo di Desa Bageng, Bupati berpesan kepada pemerintah desa setempat agar tidak terpaku pada luas lahan saja. Melainkan, tiap rumah warga bisa ditanami pohon jeruk pamelo.

“Jadi kita kembangkan wisata petik buah pamelo. Setelah itu, kita buat video pendek untuk memviralkan”, tandasnya.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), Sekda Pati Suharyono, Dandim 0718/Pati, perwakilan DPRD Pati dan DPRD Provinsi Jateng, Kepala Dinporapar Pati, Camat Gembong serta Kades Bageng. (Hms/As)